Kecamatan Pasar Kemis Juara Umum O2SN Kabupaten Tangerang

garudasaktinews.com – Kabupaten Tangerang, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tangerang secara resmi menutup kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tingkat Kabupaten Tangerang.

Kegiatan O2SN jenjang SD dan SMP tingkat Kabupaten Tangerang dilaksanakan selama dua hari di Sport Club Citra Raya, Rabu (22/05/2024).

Terdapat lima cabang olahraga yang di perlombakan untuk putra dan putri, yaitu badminton, renang, pencak silat, karate, dan atletik.

Kepala Disdik Kabupaten Tangerang, Dadan Gandana, mengatakan, O2SN merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat.

“Kegiatan ini juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fair play (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggungjawab) sesuai makna positif olahraga yang ada pada setiap pertandingan cabang olahraga pada O2SN,” tuturnya.

Menurut dia, Pendidikan harus mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan Nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa.

“Untuk mewujudkan tujuan tersebut, salah satu program yang saat ini dilaksanakan adalah penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk jenjang Pendidikan Dasar yang dilaksanakan setiap tahun,” ujarnya.

Selain itu, Peserta O2SN jenjang SD sebanyak 165 Siswa dan jenjang SMP sebanyak 165 Siswa. Kemudian untuk para Atlet yang juara 1 dan 2 akan mewakili Kabupaten Tangerang untuk O2SN tingkat Provinsi Banten.

“Kami berharap kegiatan O2SN ini bisa menjadi ajang untuk mencari bakat dan prestasi siswa di bidang olahraga sampai mereka bisa mencapai prestasi baik itu tingkat Provinsi, nasional maupun international,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Koni Kabupaten Tangerang, Eka Wibayu, bersyukur dengan kegiatan O2SN sebagai cikal bakal dan pembibitan talenta atlet berprestasi di Kabupaten Tangerang.

“Kami berharap bahwa kegiatan O2SN ini sangat positif, kita bisa menjadi monitoring kepada atlet-atlet yang bertalenta itu untuk dijadikan atlet andalan kita di masa yang akan datang,” tuturnya.(R/yan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *