Percepat Implementasi Satu Data Satu Peta, Melalui FGD Tangerang Satu Data

Garudasaktinews.com-Kota Tangerang   Untuk percepatan implementasi Satu Data Satu Peta melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui  Komunikasi dan Informatika di Hotel Aryaduta Tangerang  21-22 Februari 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah, camat, dan produsen data di lingkungan Pemkot Tangerang sebagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang memberikan dorongan nyata

Sekretaris Daerah (Sekda) Herman Suwarman menyoroti peran strategis Tangerang Satu Data Satu Peta dalam mendukung pengembangan sektor digital dan memastikan kebijakan publik yang tepat sasaran,Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang memberikan dorongan nyata dalam langkah percepatan dalam pelaksanaan Tangerang Satu Data Satu Peta dengan pendekatan kolaboratif, terintegrasi, dan menyeluruh.

“Tangerang Satu Data Satu Peta harus menjadi landasan dalam monitoring, perencanaan, dan sistem penganggaran pemerintahan di Kota Tangerang, serta memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” ujar Herman Suwarman

 

 

Lanjutnya “Program ini sudah terhubung dengan Sistem Informasi Monitoring Kinerja Simpul Jaringan Informasi Geospasial Nasional (Simojang) milik Badan Informasi Geospasial (BIG).”

Dalam pengembangannya, Tangerang Satu Data telah menghasilkan lebih dari 5.000 elemen data dan 2.491 data geospasial/informasi geospasial. Data tersebut berasal dari 40 Perangkat Daerah dan 3 BUMD di Kota Tangerang.

Herman menyatakan harapannya bahwa FGD ini dapat meningkatkan pemahaman dan sinergi antara Perangkat Daerah, BUMD, Bappeda, dan Kominfo sebagai pemangku kepentingan terkait data. Dengan adanya standar data, metadata, interoperabilitas, serta validitas yang terjamin, upaya percepatan implementasi Satu Data Satu Peta di Kota Tangerang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata demi pembangunan yang berkelanjutan di wilayah tersebut.(Yono)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *