Akibat Rem Blong Tronton Menabrak 3 Mobil Dan 1 Motor Di Jalan Raya Sukabumi Cibadak

garudasaktinws.com – Sukabumi Telah terjadi kecelakaan beruntun di Jalan Raya Sukabumi – Cibadak, tepatnya di depan Apotek Danen, Kampung/Desa Cibolang kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Akibatnya tiga mobil dan satu sepeda motor alami kerusakan, Selasa (04/06/2024).

Informasi dilapangan, Truk Tronton Hino bernomor polisi B 9476 UYX yang bermuatan pupuk terlibat kecelakaan dengan mobil Daihatsu Sigra bernomor polisi F 1540 VM, Toyota Innova bernomor polisi B 1348 VFZ, serta satu unit sepeda motor Suzuki Smash bernomor polisi B 3104 FAM.

Ulya (45), pengemudi Toyota Innova asal Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, menjelaskan bahwa kecelakaan terjadi sekitar pukul 09.45 WIB. Menurutnya, kejadian bermula saat ia mengemudikan mobil dari arah Cibadak menuju Kota Sukabumi.

“Setiba di lokasi, saya membawa mobil dengan pelan karena kondisi lalu lintas padat. Mobil jenis mini bus di depan saya berhasil menyalip tronton, namun saat giliran saya, tronton tersebut mundur tiba-tiba,” tutur Ulya.

Ulya menjelaskan bahwa ia sudah berusaha menghindari benturan dengan tronton, namun jarak yang terlalu dekat membuat kecelakaan tidak terhindarkan.

“Waktu itu saya menghindari ke kanan, tapi sudah tidak keburu. Tronton tersebut akhirnya berhenti setelah menabrak mobil Sigra yang sedang ngetem di lokasi,” ucapnya Ulya …

Ulya juga menyebut bahwa mobilnya mengalami benturan pada bagian kiri, sementara sepeda motor yang berada di sebelah kanan mobilnya terjepit.

“Beruntung pengendara motor langsung bangun dan lari, meskipun motornya terjepit di bawah mobil saya,” ungkapnya

Sementara itu, Kanit Laka Lantas Polres Sukabumi Kota, IPDA Andhika Pratistha, menjelaskan bahwa sejumlah anggota kepolisian segera ke lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP dan mengevakuasi kendaraan.

“Berdasarkan pemeriksaan sementara, kecelakaan ini terjadi diduga karena truk tronton mengalami gagal fungsi rem dan gagal mengisi angin rem,” kata Andhika.

Saat tronton tersebut mundur, bagian belakangnya menabrak Toyota Innova yang datang dari arah belakang. Dalam waktu bersamaan, tronton juga menabrak Daihatsu Sigra yang dikemudikan oleh Wahyudi. Jarak yang terlalu dekat membuat Suzuki Smash yang dikemudikan Riki Fernando juga tertabrak oleh Toyota Innova.

Akibat kecelakaan ini, setiap kendaraan mengalami kerusakan dan para pengemudi mengalami luka-luka. Mereka kemudian dibawa ke RS Bheta Medika Cisaat untuk mendapatkan pengobatan intensif.

“Unit Gakkum Satlantas Sukabumi Kota sudah melakukan olah TKP, evakuasi kendaraan, serta mengamankan barang bukti. Di antaranya, satu truk, dua mobil mini bus, dan satu sepeda motor serta para pengemudi untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” jelas Andhika.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, dampak dari kecelakaan menyebabkan kemacetan yang mengular hingga lebih dari 1 kilometer. Proses evakuasi berlangsung selama sekitar dua jam, dari pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB.

“Memang di lokasi kejadian itu, kondisi jalannya menanjak. Kami mengimbau semua pengguna jalan agar berhati-hati saat berkendara, serta patuhi peraturan dari anggota lalu lintas dengan mengutamakan keselamatan dan patuhi rambu lalu lintas,” tandas Andhika.**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *