Pipa gas Amonia pabrik pembuatan es Lepas,karyawan dan warga alami sesak nafas

Ratusan karyawan dan warga dilarikan ke RS akibat sesak pernafasan

Garudasakti.news.com- Kota Tangerang , Sebanyak 28 orang warga Koang Jaya, Karawaci, Kota Tangerang  harus dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami sesak napas dan rasa pedas di mata ,insiden ini terjadi karena adanya pipa  gas amonia pabrik pembuatan Es yang lepas hingga menyebabkan  kebocoran.Saat ini polisi masih melakukan penyelidikan.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Zain Dwi Nugroho menjelaskan bahwa kebocoran gas amonia ini terjadi sekitar pukul 2.45 WIB, Selasa (6/2/2024). Sejumlah karyawan dan warga yang tinggal di sekitar pabrik mengalami sesak dan rasa pedas di mata.

“Kalau karyawan ada yang lecet-leccet, mungkin ada yang lompat saat kejadian, ini sudah dibawa ke rumah sakit,” ungkapnya.Namun, dari 28 orang tersebut, ada 10 orang yang sudah diperbolehkan untuk pulang.

Masih lanjutnya ” Gas amonia ini berasal dari pabrik pembuatan es. Ada salah satu pipa gas yang terlepas.
“Tempat pembuatan es menggunakan salah satunya gas amonia untuk pendingin, saat proses itu pipanya ada yang terlepas”

Lebih lanjut, dia menuturkan insiden ini baru bisa ditangani pada pukul 5.30 WIB tadi. Saat ini kondisinya telah kondusif. Warga yang terdampak telah dibawa ke rumah sakit terdekat.

“Dari jam setengah 3 baru bisa kita tangani jam 05.30. Sekarang sudah kondusif gasnya, tadi sama BPBD dan tim gas, masyarakat yang butuh bantuan kita bawa ke RS. Dibawa ke RS,” tuturnya.

220 Warga Dievakuasi
Akibat kebocoran gas ini, ada  220 warga yang dievakuasi. Sebab, bau gas amonia masih tercium.

“Sekitar 200 warga sekitar pabrik. Karena baunya masih ada terasa dikit-dikit, terutama sekitar lokasi,” katanya.

Damkar juga melakukan penyiraman di sekitar lokasi untuk mengurangi pencemaran udara. Masyarakat di sekitar lokasi diimbau untuk melapor jika mengalami gejala gangguan pernapasan.

“Kalau masyarakat masih ada gangguan terkait pernapasan, di situ kita standby kan petugas kesehatan dari Dokkes, rumah sakit,” ujarnya

Saat ini polisi masih melakukan penyelidikan. Polisi tengah memeriksa insiden ini.

“Kita masih cek apakah ada ledakan. Ya sempat ada ledakan, tapi nggak ada api, hanya ada ledakan pas pipanya terlepas. Diduga ledakan terjadi saat pipanya lepas,” pungkasnya.(Yan/Des)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *