Hari Asma Sedunia, Dinkes Kota Tangerang Ajak Masyarakat Aware Terhadap Penyakit Asma

 

Hari Asma Sedunia, Dinkes Kota Tangerang Ajak Masyarakat Aware Terhadap Penyakit Asma

Kepala Dinas KesehatanKota Tangerang dr. Dini Anggraeni

Garudasaktinews.com  – Kota Tangerang,  Tanggal 7 Mei 2024 ditetapkan sebagai Hari Asma Sedunia oleh Global Initiativefor Asthma (GINA) yang merupakan organisasi kolaboratif World Health Organization (WHO). Peringatan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit asma di seluruh dunia

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni menjelaskan, penyakit asma merupakan salah satu penyakit tidak menular kronis yang paling umum menyerang. Hingga saat ini penyakit asma hanya dapat dikontrol secara efektif dengan pengobatan yang tepat dan pola hidup yang sehat.

“Penyakit asma berupa inflamasi atau peradangan pada saluran napas yang disebabkan hipereaktivitas bronkus. Peradangan ini lantas menimbulkan gejala berupa sesak napas, rasa berat di dada, dan batuk terutama malam atau dini hari,” terangnya.

Ia pun mengungkapkan, tema yang diangkat dalam hari Asma Sedunia kali ini ialah “Asthma Education Empowers”, tentunya hal ini untuk menekankan perlunya memberdayakan penderita asma dengan pendidikan yang tepat untuk mengelola penyakit mereka, dan mengetahui kapan harus mencari bantuan medis.

Penderita asma perlu menjaga pola hidup sehat dengan melakukan olahraga teratur, makan dengan gizi seimbang dan cukup, berhenti merokok, hindari paparan polusi udara dengan mengenakan masker, jangan pelihara hewan berbulu, serta rutin minum obat pengontrol dan pelega sesuai anjuran dokter.

“Kunci penanganan asma yang efektif terletak pada pemahaman kondisi dan pemicunya. Di sinilah peran hari peringatan sekaligus pendidikan, menjadi landasan pendekatan pemberdayaan terhadap hidup dengan asma,(R\AL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *