8 Layanan Unggulan RSUD Kota Tangerang yang belum semua orang tahu

banner 468x60

garudasaktinews.com-Kota Tangerang ,Dalam mewujudkan visi menjadi rumah sakit rujukan yang berdaya
saing RSUD Kota Tangerang mengembangkan sarana dan prasarana untuk
menunjang peningkatan mutu pelayanan unggulan

Direktur RSUD Kota Tangerang dr. Yusuf Alfian Geovanny menuturkan, saat ini RSUD Kota Tangerang telah memiliki 13 instalasi pelayanan kesehatan. Di antaranya, instalasi Rawat inap, Rawat jalan, Gawat darurat, Bedah, kebidanan dan kandungan, Hemodialisa, Radiologi, Pemulasaraan jenazah dan lainnya.

banner 336x280

“Selain itu, RSUD Kota Tangerang juga memiliki 32 klinik spesialis. Di antaranya, klinik spesialis anak, penyakit dalam, bedah, jantung, paru, bedah syaraf, urologi, bedah mulut, konservasi gigi, kulit kelamin dan lainnya,” papar dr. Yusuf, Selasa (11/6/24).

 

layanan unggulan RSUD kota Tangerang
RSUD Kota Tangerang

 

Berikut layanan unggulan yang dimiliki RSUD Kota Tangerang:

1. Dengar (Hearing Solution)

Pelayanan untuk kasus gangguan pendengaran oleh spesialis THT,

Hearing Solution merupakan  layanan pemeriksaan  pendengaran secara langkap dan terpadu, kepada bayi, anak-anak, dewasa hingga lansia. Layanan ini berguna untuk memastikan pentingnya pendengaran pada bayi,anak, tak terkecuali dewasa dan lansia yang harus tetap menikmati hidup dengan pendengaran yang sehat,nantinya pasien akan berikan layanan pemeriksaan OAE, ASSR, BERA, Audiometri dan Timpanometri termasuk juga pemberian alat bantu dengar.

2. Sapa Cinta
Fasilitasi pasien rawat inap yang memerlukan pembuatan kartu BPJS Kesehatan

Sapa Cinta ini adalah gerakan menyapa pasien yang dirawat inap di RSUD Kota Tangerang dengan tujuan memenuhi kebutuhan pasien akan pelayanan juga  dapat  mengetahui apa saja harapan dan kebutuhan yang berkembang pada pasien.  Tim Humas RSUD Kota Tangerang melakukan langkah jemput bola dengan mendatangi satu per satu pasien yang dirawat, kemudian memberikan edukasi secara sedehana terkait kesulitan yang dialami selama dalam perawatan. Terkait kepesertaan dan berbagai hal dalam program BPJS tanpa harus antri ke Kantor BPJS. Penjelasan semua prosedur penanganan masalah dan lain-lain dapat ditanyakan langsung ke Tim Humas “Sapa Cinta” ketika berkunjung ke ruang rawat inap.

3. Orthotic Prosthetic
Layanan ini dikhususkan sebagai pembuatan alat bantu penyandang disabilitas untuk membantu atau menggantikan peran bagian tubuh. Layanan Ortotik Prostetik ini telah ditunjang dengan bengkel sendiri sehingga memudahkan untuk efisiensi pelayanan, yakni :

~Alat bantu Pembuatan kaki palsu 

~Alat bantu penyangga tubuh seperti sepatu AFO (Ankle Foot Orthosis) dan KAFO (Knee Ankle Foot Orthosis)

~Untuk kaki pasien bengkok   layanan tersebut juga ada atau dapat disebut Conginetal Talipes Equines Varus (CTEV)

Dalam prosesnya, pembuatan kaki palsu membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Selain itu, diperlukan pemeriksaan kondisi kaki pasien terlebih dahulu oleh prothetist untuk mengetahui ukuran kaki pasien.

Masyarakat Kota Tangerang yang ingin menggunakan layanan ini dengan menggunakan BPJS Kesehatan diharapkan membawa surat rujukan dari faskes pertama. Tentunya masyarakat dapat upgrade kaki palsu dengan BPJS Kesehatan per lima tahun sekali secara gratis.

4. Trauma Center
Layanan Trauma Center merupakan pelayanan kesehatan guna menangani pasien khusus yang mengalami trauma akibat kecelakaan kerja. Untuk menunjang fasilitas Layanan Trauma Center ini, didukung  Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup mendukung, seperti dokter bedah mulut, bedah saraf, ortopedi, kebidanan, bidang trauma, komitmen penanganan dalam watu 24 jam penuh, serta relasi rujukan ke berbagai rumah sakit lain.Penanganan trauma atau kecelakaan dengan akses 24 jam IGD dan ambulans, bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, PT Taspen, PT Jasa Raharja dan BPJS Kesehatan.

5. Klinik Akasia
Pelayanan Klinik Tubercolosis Resisten Obat atau (TBRO) yang diberi nama Klinik Akasia.

Masyarakat bisa mendapatkan pelayanan Klinik Akasia ini dengan datang ke RSUD Kota Tangerang dan mendapatkan pelayanan selama dua minggu, lalu akan dilanjutkan ke 13 puskesmas satelit, Untuk operasional di hari Senin – Sabtu, jam 7.30 sampai 12.00 WIB untuk pendaftaran. Sedangkan pelayanan sampai 14.00 WIB yang didukung 44 tenaga kesehatan.Klinik Akasia ini dapat mengurangi mobilitas pasien yang hendak berobat, sehingga meminimalisir pula angka penularan

6. Klinik Cemara
Pelayanan pasien HIV/AIDS

Melayani pasien Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) untuk berkonsultasi dan memberikan pelayanan lainnya,dengan cara penyuluhan, terapi, pengobatan, dan pertahankan kondisi kesehatan pasien karena belum ada obat untuk benar-benar sembuh. Jangan sampai daya tahan tubuh menurun

7. Minimal Invasive Surgery
– Extracorporeal shock wave lithotripsy
– Functional endoscopic sinus surgery
– Trans urethral resection – ureteroscopy
– Percutaneus nephrolithotomy
– Phacoemulsification
– Lapasraskopi
– Flexible bronchoscopy
– Radiofrekuensi

Yusuf melanjutkan, kolaborasi dan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan akan terus dibangun dan dirawat. Yakni, demi mewujudkan komitmen transformasi pelayanan kesehatan di RSUD Kota Tangerang.

“RSUD Kota Tangerang pun berharap, dengan sederet layanan unggulan yang dimiliki dapat terus memberikan pelayanan kesehatan yang cepat, aman dan tanpa diskriminatif bagi masyarakat. Serta, mengurangi drainase pasien ke luar negeri,” harapnya.

RSUD Kota Tangerang  terus berupaya meningkatkan layanan mutu, mencakup layanan serta terdepan dalam keselamatan para pasien dengan menghadirkan inovasi-inovasi baru, maupun pengembangan layanan-layanan yang sudah ada.

Diketahui, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang menjadi salah satu sentra kesehatan di Kota Tangerang yang memberikan pelayanan kepada masyarakat ,khususnya masyarakat Kota Tangerang.(R/Yan)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *